• Tentang KPPIP
  • Hubungi Kami
  • Beranda
  • Proyek Prioritas
    • Jalan dan Jembatan
      • Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
      • Jalan Tol Serang – Panimbang
      • Jalan Tol Manado – Bitung
      • Jalan Tol Trans Sumatera
      • Jalan Tol Yogyakarta – Bawen (71km)
      • Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi (170,36km)
    • Kereta Api
      • Kereta Api Ekspres SHIA
      • Kereta Api Makassar – Parepare
      • Kereta Api Kalimantan Timur
      • Penyelenggaraan Perkeretaapian Umum di wilayah Provinsi DKI Jakarta
    • Transportasi Perkotaan
      • MRT Jakarta (Jalur Selatan – Utara)
      • LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Circular Line
      • LRT Palembang
    • Air & Sanitasi
      • Pengolahan Air Limbah Jakarta (Jakarta Sewerage System)
      • SPAM Semarang Barat
      • Tanggul Laut
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lampung
    • Minyak & Gas
      • Kilang Minyak Bontang
      • Kilang Minyak Tuban
      • Revitalisasi 5 Kilang Minyak Eksisting (RDMP)
      • Pengembangan Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela
      • Lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru
      • Indonesia Deepwater Development Project / IDD
      • Proyek Tangguh LNG Train 3
    • Ketenagalistrikan
      • PLTU Mulut Tambang
      • Transmisi Sumatera 500 kV
      • Central – West Java Transmission Line 500 kV
      • PLTU Indramayu
      • PLTU Batang / Central Java Power Plant
      • Energi asal sampah 8 Kota Besar
      • Pembangkit Listrik Berbasis Tenaga Gas (18 provinsi)
    • Pelabuhan
      • Pelabuhan Internasional Hub Kuala Tanjung
      • Pelabuhan Internasional Hub Bitung
      • Pembangunan Pelabuhan Patimban
      • Inland Waterways / Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL)
    • Teknologi Informasi
      • Palapa Ring Broadband
  • Proyek Strategis Nasional
    • Jalan dan Jembatan
    • Transportasi
      • Kereta
      • Bandar Udara
      • Pelabuhan
    • Pengembangan Wilayah & Kawasan
      • Kawasan
      • Perumahan
    • Insfrastruktur Sumber Daya Air
      • Bendungan dan Irigasi
      • Air Bersih dan Sanitasi
      • Tanggul Pantai
    • Energi & Teknologi
      • Energi
      • Teknologi
      • Pendidikan
    • Program
      • Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
      • Program Pembangunan Smelter
      • Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
      • Program Pemerataan Ekonomi
  • Publikasi
    • Peraturan Terkait
    • Laporan Semester KPPIP
    • Galeri Foto
    • Galeri Video
  • Berita
    • Sorotan Media
    • Siaran Pers
    • Opini
    • Infografis
  • Pengumuman
    • Rekrutmen
    • Rekrutmen (link eksternal)
    • Pengadaan Barang & Jasa (link eksternal)
    • Pengadaan Panel Konsultan
  • Indonesia
  • Beranda
  • Proyek Prioritas
    • Jalan dan Jembatan
      • Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
      • Jalan Tol Serang – Panimbang
      • Jalan Tol Manado – Bitung
      • Jalan Tol Trans Sumatera
      • Jalan Tol Yogyakarta – Bawen (71km)
      • Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi (170,36km)
    • Kereta Api
      • Kereta Api Ekspres SHIA
      • Kereta Api Makassar – Parepare
      • Kereta Api Kalimantan Timur
      • Penyelenggaraan Perkeretaapian Umum di wilayah Provinsi DKI Jakarta
    • Transportasi Perkotaan
      • MRT Jakarta (Jalur Selatan – Utara)
      • LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Circular Line
      • LRT Palembang
    • Air & Sanitasi
      • Pengolahan Air Limbah Jakarta (Jakarta Sewerage System)
      • SPAM Semarang Barat
      • Tanggul Laut
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lampung
    • Minyak & Gas
      • Kilang Minyak Bontang
      • Kilang Minyak Tuban
      • Revitalisasi 5 Kilang Minyak Eksisting (RDMP)
      • Pengembangan Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela
      • Lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru
      • Indonesia Deepwater Development Project / IDD
      • Proyek Tangguh LNG Train 3
    • Ketenagalistrikan
      • PLTU Mulut Tambang
      • Transmisi Sumatera 500 kV
      • Central – West Java Transmission Line 500 kV
      • PLTU Indramayu
      • PLTU Batang / Central Java Power Plant
      • Energi asal sampah 8 Kota Besar
      • Pembangkit Listrik Berbasis Tenaga Gas (18 provinsi)
    • Pelabuhan
      • Pelabuhan Internasional Hub Kuala Tanjung
      • Pelabuhan Internasional Hub Bitung
      • Pembangunan Pelabuhan Patimban
      • Inland Waterways / Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL)
    • Teknologi Informasi
      • Palapa Ring Broadband
  • Proyek Strategis Nasional
    • Jalan dan Jembatan
    • Transportasi
      • Kereta
      • Bandar Udara
      • Pelabuhan
    • Pengembangan Wilayah & Kawasan
      • Kawasan
      • Perumahan
    • Insfrastruktur Sumber Daya Air
      • Bendungan dan Irigasi
      • Air Bersih dan Sanitasi
      • Tanggul Pantai
    • Energi & Teknologi
      • Energi
      • Teknologi
      • Pendidikan
    • Program
      • Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
      • Program Pembangunan Smelter
      • Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
      • Program Pemerataan Ekonomi
  • Publikasi
    • Peraturan Terkait
    • Laporan Semester KPPIP
    • Galeri Foto
    • Galeri Video
  • Berita
    • Sorotan Media
    • Siaran Pers
    • Opini
    • Infografis
  • Pengumuman
    • Rekrutmen
    • Rekrutmen (link eksternal)
    • Pengadaan Barang & Jasa (link eksternal)
    • Pengadaan Panel Konsultan
  • Indonesia
KPPIP MENDUKUNG PERCEPATAN PENYELESAIAN MASALAH PENGADAAN TANAH PROYEK STRATEGIS NASIONAL SEKTOR JALAN TOL

KPPIP MENDUKUNG PERCEPATAN PENYELESAIAN MASALAH PENGADAAN TANAH PROYEK STRATEGIS NASIONAL SEKTOR JALAN TOL

  • On 10/05/2021

KPPIP MENDUKUNG PERCEPATAN PENYELESAIAN MASALAH PENGADAAN TANAH PROYEK STRATEGIS NASIONAL SEKTOR JALAN TOL

Proyek Strategis Nasional Sektor Jalan Tol merupakan merupakan sektor yang paling banyak membutuhkan dana pengadaan tanah setiap tahunnya. Pada tahun 2021, dana pengadaan tanah yang dialokasikan untuk Sektor Jalan Tol mengalami penurunan dari rata-rata realisasi penggunaan dana pengadaan tanah setiap tahunnya mencapai 20 Triliun Rupiah menjadi 5,9 Triliun Rupiah untuk 2021. Setelah dilakukan peninjauan ulang, Sektor Jalan Tol membutuhkan dana pengadaan tanah sebesar 20,83 Triliun Rupiah untuk TA 2021 sehingga diusulkan beberapa penambahan dari berbagai sumber pendanaan seperti pinjaman dari Sektor SDA, penambahan dari LMAN, dan KCP/PEN.

Pada bulan April 2021, telah dilakukan pencairan dana pengadaan tanah tahap I oleh LMAN yang sudah dapat digunakan sebesar 5,6 Triliun Rupiah. Dari total dana pengadaan tanah tahap I, keseluruhan dana pada awalnya hanya dapat digunakan untuk Skema Pembayaran Langsung untuk memperkecil pengeluaran dikarenakan CoF yang terdapat pada Skema DTT, namun beberapa proyek jalan tol merasa bahwa kebutuhan paling mendesak saat ini merupakan kebutuhan pembayaran dengan Skema DTT.

Kebutuhan DTT muncul akibat penggunaan DTT tahun 2020 untuk memperlancar proses konstruksi beberapa proyek jalan tol. Dalam penggunaan DDT tersebut, muncul masalah terkait tumpang tindih peraturan terkait pengadaan tanah yang mengakibatkan proses konsinyasi tanah sampai dengan penitipan Uang Ganti Kerugian mengalami hambatan. Berikut adalah peraturan-peraturan yang tumpang tindih antar satu sama lain:

  • Surat Edaran Ketua MA No. 2 Tahun 2021: Penyelesaian permohonan konsinyasi paling lambat 14 hari kerja sejak permohonan dinyatakan lengkap dan teregistrasi hingga penetapan tentang penerimaan
  • PP 19/2021 Pasal 89 angka (6): Pengadilan Negeri paling lama menerima penitipan ganti kerugian dalam jangka waktu 14 hari
  • PMK 139/2020 Pasal 52: Permohonan pembayaran langsung ke LMAN dapat diajukan setelah penetapan Pengadilan Negeri mengenai penitipan ganti kerugian

Solusi yang diberikan pihak LMAN untuk permasalahan tumpang tindih peraturan ini adalah ruas jalan tol yang akan melakukan konsinyasi untuk saat ini terlebih dahulu perlu menggunakan skema pendanaan DTT selagi pihak LMAN menyesuaikan SOP dan peraturan di LMAN terhadap Surat Edaran Ketua MA No. 2 Tahun 2021.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah, Ditjen Bina Marga mengatakan bahwa DTT dari dana pengadaan tanah tahap I yang berjumlah Rp 5,6 T masih dibutuhkan. Hal yang telah dilakukan adalah mobilisasi DTT yang sudah ada dan pengadaan DTT 2021 akan sangat selektif untuk beberapa proyek yang bersifat urgent serta DTT akan dicoba diklasifikasikan untuk tanah-tanah khusus yang memerlukan penanganan khusus.

Untuk menentukan proyek pilihan yang akan mendapatkan alokasi DTT, Perlu dilakukan prioritisasi ulang untuk menentukan BUJT yang membutuhkan penggunaan DTT sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengadaan tanah yang bersifat segera.

PICTURES

KPPIP-MENDUKUNG-PERCEPATAN-PENYELESAIAN-MASALAH-PENGADAAN-TANAH-PROYEK-STRATEGIS-NASIONAL-SEKTOR-JALAN-TOL
1_KPPIP-MENDUKUNG-PERCEPATAN-PENYELESAIAN-MASALAH-PENGADAAN-TANAH-PROYEK-STRATEGIS-NASIONAL-SEKTOR-JALAN-TOL

[Show slideshow]
Berita Terbaru
  • Berita

MAIN EVENT SEWINDU PROYEK STRATEGIS NASIONAL

04/08/2023
Sejak awal diundangkannya Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2016 sampai dengan Juni 2023, telah selesai sebanyak 158 PSN dengan...
Read More
Funwalk Sewindu Proyek Strategis Nasional
  • Berita

Funwalk Sewindu Proyek Strategis Nasional

12/05/2023
Jakarta, 11 Mei: Mengusung tema “Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) Menuju Indonesia Emas 2045”, gelar acara pertama ‘Social Space’ Sewindu...
Read More
Menko Airlangga : Kehadiran PSN bagi Kesejahteraan Rakyat
  • Berita

Menko Airlangga : Kehadiran PSN bagi Kesejahteraan Rakyat

12/05/2023
Jakarta, 8 Mei: Hampir satu decade Pemerintah Indonesia melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan harapan...
Read More
GROUNDBREAKING PLTA MENTARANG INDUK OLEH PRESIDEN, WUJUD KOMITMEN PEMERINTAH UNTUK MENGHADIRKAN ENERGI HIJAU
  • Berita

GROUNDBREAKING PLTA MENTARANG INDUK OLEH PRESIDEN, WUJUD KOMITMEN PEMERINTAH UNTUK MENGHADIRKAN ENERGI HIJAU

08/03/2023
Pada Hari Rabu, tanggal 1 maret 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Pembangkit...
Read More
MRT NORTH – SOUTH SALAH SATU PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS PEMERINTAH
  • Berita

MRT NORTH – SOUTH SALAH SATU PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS PEMERINTAH

08/03/2023
MRT North South merupakan salah satu dari 27 PSN di wilayah DKI Jakarta, dan termasuk 1 dari 9 PSN senilai...
Read More

KUNJUNGAN KPPIP KE PROYEK STRATEGIS NASIONAL  JALAN TOL CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN

Previous thumb

Monitoring Pembangunan Bendungan Sukamahi

Next thumb
Scroll
Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas
Gedung Pos Ibukota, Blok A, lt. 6
Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1
Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710

T. +62 21 345 3171 , +62 21 345 3164 F. +62 21 345 3155
E. sekretariat@kppip.go.id
Media Sosial
    Tentang KPPIP
    • Tentang KPPIP
    • Visi & Misi
    • Susunan dan Struktur Organisasi KPPIP
    • Perkembangan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia
    • Pencapaian KPPIP
    • Hubungi Kami
    • Indonesia