Nilai Investasi : Rp 206.4 Triliun
Skema Pendanaan : BUMN
Lokasi : Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan dan Lampung
Penanggung Jawab Proyek :  PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2015
Rencana Mulai Operasi : 2024
Status Proyek : Tahap Konstruksi dan mulai beroperasi

Deskripsi Proyek

Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 304 km akan menghubungkan Pulau Sumatera dari Aceh hingga Bakauheni. Tahap 1 terdiri atas 8 ruas, terbagi menjadi empat ruas awal: (1) Medan-Binjai, (2) Palembang-Indralaya, (3) Pekanbaru-Dumai, (4) Bakauheni-Terbanggi Besar; dan empat ruas tambahan: (5) Terbanggi Besar- Pematang Panggang, (6) Pematang Panggang-Kayu Agung, (7) Palembang – Tanjung Api-Api dan (8) Kisaran–Tebing Tinggi.

Signifikansi Proyek

Tahap Konstruksi dan mulai beroperasi

Ruas Medan - Binjai

 

Nilai Investasi : Rp 2,39 Triliun
Skema Pendanaan : BUMN PT. Hutama Karya
Lokasi : Sumatera Utara
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2015
Rencana Mulai Operasi : 2021
Status Proyek : Selesai

 

Deskripsi Proyek

Jalan tol Medan – Binjai sepanjang 16,8 km; terbagi atas 3 seksi, yaitu: Seksi 1 Tanjung Mulia – Helvetia (6,72 km); Seksi 2 Helvetia – Semayang (6,18 km); dan Seksi 3 Semayang – Binjai (4,28 km). Jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pengembangan tol di Sumatera yang masuk ke dalam penugasan kepada PT Hutama Karya pada Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Pertama Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Signifikansi Proyek

Jalan tol telah beroperasi penuh sejak 2021 dan menjadi alternatif lalu lintas Medan – Binjai yang memiliki beban lalu lintas yang sangat tinggi di Jalan Raya Lintas Sumatera. Selain itu, jalan tol ini akan menjadi bagian dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menjadi katalis pertumbuhan dan pengembangan wilayah di sepanjang koridor Sumatera

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

Ruas Palembang - Indralaya

 

Nilai Investasi : Rp 3,3 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Selatan
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2015
Rencana Mulai Operasi : 2017
Status Proyek : Selesai

Deskripsi Proyek

Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini adalah salah satu ruas yang terletak di Sumatera Selatan dengan panjang total 22 Km dan terbagi kedalam tiga seksi: Seksi I: Palembang – IC Pemulutan; Seksi II: IC Pemulutan – IC KTM; dan Seksi III: IC KTM – Simpang – Indralaya.

Signifikansi Proyek

Ruas ini diharapkan dapat mengakomodasi proyeksi pertumbuhan lalu lintas harian antara Kota Palembang dengan Indralaya di sisi barat daya Kota Palembang. Dengan adanya jalan tol ini, volume kendaraan akan terbagi dan mendukung pertumbuhan ekonomi kawasan serta aksesibilitas menuju dan dari Indralaya serta Palembang.

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

 

Nilai Investasi : Rp 16,7 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Lampung
Penanggung Jawab Proyek : Penugasan PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2015
Rencana Mulai Operasi : 2017
Status Proyek : Selesai

Deskripsi Proyek

Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini adalah salah satu ruas yang terletak di Sumatera Selatan dengan panjang total 140 km. Ruas ini terbagi kedalam tiga seksi: Seksi I: Bakauheni – Sidomulyo; Seksi II: Sidomulyo –  Branti; dan Seksi III: Branti – Terbanggi Besar.

Signifikansi Proyek

Ruas ini akan menjadi jalan akses utama dari dan ke Pelabuhan Bakauheni. Mengingat Pelabuhan Bakauheni adalah salah satu pelabuhan utama yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera, maka keberadaan ruas ini dapat secara signifikan mempercepat distribusi barang dan orang yang tiba di Sumatera melalui pelabuhan tersebut.

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

 

Ruas Pekanbaru - Dumai

 

Nilai Investasi : Rp 9,92 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Riau
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2016
Rencana Mulai Operasi : 2019
Status Proyek : Selesai

Deskripsi Proyek

Jalan tol Pekanbaru – Kandis – Dumai sepanjang 131,48 km; terbagi menjadi 6 seksi, yaitu: Seksi 1 Pekanbaru – Minas (9,2 km); Seksi 2 Minas – Kandis Selatan (23,6 km); Seksi 3 Kandis Selatan – Kandis Utara (17,45 km); Seksi 4 Kandis Utara – Pinggir (28,95 km); Seksi 5 Pinggir – Bathin Solapan (27,23 km); dan Seksi 6 Bathin Solapan – Dumai 25,05 km. Jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pengembangan tol di Sumatera yang masuk ke dalam penugasan kepada PT Hutama Karya pada Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Pertama Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Signifikansi Proyek

Jalan tol ini telah beroperasi penuh sejak menghubungkan dua pusat perekonomian di Provinsi Riau: Pekanbaru dan Dumai. Dengan semakin singkatnya waktu tempuh antara dua kota ini. Diharapkan arus lalu lintas kendaraan dan barang dapat bergerak lebih efisien dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Provinsi Riau. Selain itu, pembangunan jalan tol ini menerapkan konsep keberlanjutan lingkungan (environmentally sustainable) dengan tersedianya perlintasan khusus satwa dilindungi di kawasan hutan Provinsi Riau.

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang

 

Nilai Investasi : Rp 11,8 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Selatan
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2017
Rencana Mulai Operasi : 2019
Status Proyek : Selesai

Deskripsi Proyek

Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang total 185 km. Ruas ini terbagi kedalam tiga seksi yakni: Seksi I: Terbanggi Besar – Mengala; Seksi II: Menggala – Sp. Pematang; dan Seksi III: Sp. Pematang – Kayu Agung. Ruas ini merupakan gabungan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang (100 km) dan Pematang Panggang – Kayu Agung (85 km)

Signifikansi Proyek

Sebagai bagian dari jaringan JTTS, seksi ini penting untuk mendukung lalu lintas barang dan orang dari Pelabuhan Bakauheni. Seksi ini juga diharapkan mampu membuka akses pada daerah-daerah sekitarnya dan menunjang pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor kelapa sawit dan perkebunan karet. Selain itu, salah satu peran vital yang diharapkan adalah memotong waktu perjalanan dan biaya logistik yang menggunakan moda transportasi darat dari Pelabuhan Bakauheni menuju Sumatera Selatan dan wilayah sekitarnya sehingga mampu menunjang pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor kelapa sawit dan perkebunan karet.

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

Ruas Pematang Panggang - Kayu Agung

 

Nilai Investasi : Rp 10,08 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Selatan
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2017
Rencana Mulai Operasi : 2019
Status Proyek : Selesai

Deskripsi Proyek

Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang total 185 km. Ruas ini terbagi kedalam tiga seksi yakni: Seksi I: Terbanggi Besar – Mengala; Seksi II: Menggala – Sp. Pematang; dan Seksi III: Sp. Pematang – Kayu Agung. Ruas ini merupakan gabungan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang (100 km) dan Pematang Panggang – Kayu Agung (85 km)

Signifikansi Proyek

Sebagai bagian dari jaringan JTTS, seksi ini penting untuk mendukung lalu lintas barang dan orang dari Pelabuhan Bakauheni. Seksi ini juga diharapkan mampu membuka akses pada daerah-daerah sekitarnya dan menunjang pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor kelapa sawit dan perkebunan karet. Selain itu, salah satu peran vital yang diharapkan adalah memotong waktu perjalanan dan biaya logistik yang menggunakan moda transportasi darat dari Pelabuhan Bakauheni menuju Sumatera Selatan dan wilayah sekitarnya sehingga mampu menunjang pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor kelapa sawit dan perkebunan karet.

Status Perkembangan Proyek

Telah Selesai

Ruas Palembang - Tanjung Api-Api

 

Nilai Investasi : Rp 14,2 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Selatan
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2020
Rencana Mulai Operasi : 2022
Status Proyek : Tahap Penyiapan

Deskripsi Proyek

Jalan Tol Palembang – Tanjung Api-Api merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini adalah salah satu ruas yang terletak di Sumatera Selatan.

Signifikansi Proyek

Ruas ini akan menjadi penghubung utama bagi arus kendaraan yang mengangkut orang maupun barang dari Palembang menuju KEK Tanjung Api-api dan pelabuhan Tanjung Api-api yang sedang dikembangkan. Kawasan KEK Tanjung Api-api ini merupakan sentra industri kelapa sawit dan industri pengolahan ekspor.

Status Perkembangan Proyek

TAHAP PENYIAPAN
Feasibility study dan AMDAL telah selesai.

 

Ruas Kisaran - Tebing Tinggi

 

Nilai Investasi : Rp 14,254 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Utara
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2019
Rencana Mulai Operasi : 2023
Status Proyek : Konstruksi

Deskripsi Proyek

Jalan tol Tebing Tinggi – Kisaran sepanjang 47,55 km; terbagi menjadi 2 seksi, yaitu: Seksi 1 Indrapura – Limapuluh (15 km); dan Seksi 2 Limapuluh – Kisaran (33,5 km). Jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pengembangan tol di Sumatera yang masuk ke dalam penugasan kepada PT Hutama Karya pada Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Pertama Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Signifikansi Proyek

Jalan tol ini akan menjadi bagian dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menyambungkan beberapa pusat kegiatan strategis yang ada di Provinsi Sumatera Utara, seperti KEK Sei Mangkei. Jalan tol ini akan menjadi alternatif lalu lintas jalur lintas Sumatera yang saat memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Selain itu, keberadaan jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari KEK Sei Mangkei menuju Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasa Industri di sekitar Medan, dan Pelabuhan Belawan, yang berpotensi menurunkan biaya logistik dan meningkatkan aktivitas perekonomian di Provinsi Sumatera Utara

Status Perkembangan Proyek

Dalam Tahap Konstruksi

Ruas Bukittinggi - Padang Panjang - Lubuk Alung - Padang

Nilai Investasi : Rp 22,461 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Barat
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi :
Rencana Mulai Operasi : >2024
Status Proyek : Konstruksi

Status Perkembangan Proyek

Tahap Konstruksi

Ruas Binjai - Langsa

 

Nilai Investasi : Rp 18,82 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Aceh,Sumatera Utara
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi :
Rencana Mulai Operasi : 2024
Status Proyek : Beroperasi Sebagian

Status Perkembangan Proyek

Beroperasi Sebagian

Ruas Langsa - Lhokseumawe

 

Nilai Investasi : Rp 45,115 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Aceh
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2021
Rencana Mulai Operasi : >2024
Status Proyek : Penyiapan

Status Perkembangan Proyek

Tahap Penyiapan

Ruas Lhokseumawe - Sigli

 

Nilai Investasi : Rp 16,52 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Aceh
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2021
Rencana Mulai Operasi : 2024
Status Proyek : Penyiapan

Status Perkembangan Proyek

Tahap Penyiapan

Ruas Sigli - Banda Aceh

 

Nilai Investasi : Rp 16.53Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Aceh
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2017
Rencana Mulai Operasi : 2022
Status Proyek : Beroperasi Sebagian

Status Perkembangan Proyek

Beroperasi Sebagian

DESKRIPSI PROYEK

Jalan Tol Banda Aceh – Sigli sepanjang 74,1 km; terbagi menjadi 6 seksi, yaitu: Seksi 1 Padang Tiji – Seulimeum (24,3 km); Seksi 2 Seulimeum – Jantho (6 km); Seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km); Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (13,5 km); Seksi 5 Blang Bintang – Kutabaro (7,7 km); dan Seksi 6 Kutabaro – Baitussalam (5 km). Jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pengembangan tol di Sumatera yang masuk ke dalam penugasan kepada PT Hutama Karya pada Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Pertama Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Signifikansi Proyek

Jalan tol ini merupakan jalan tol pertama yang telah beroperasi sebagian di Provinsi Aceh. Jalan tol ini akan menjadi bagian dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera dan menjadi bagian akhir dari tersambungnya jaringan jalan tol dari Lampung ke Banda Aceh. Jalan tol ini akan menjadi pendorong peningkatan kegiatan perekonomian dan mengembangkan potensi sumber daya di Provinsi Aceh.

Ruas Pekanbaru - Bangkinang - Payakumbuh - Bukittinggi

Nilai Investasi : Rp 67,427 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Barat – Riau
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2018
Rencana Mulai Operasi : 2023
Status Proyek : Konstruksi

Status Perkembangan Proyek

TAHAP KONSTRUKSI

Ruas Tebing Tinggi - Pematang Siantar - Prapat - Tarutung - Sibolga

Nilai Investasi : Rp 29,138 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan BUMN
Lokasi : Sumatera Utara
Penanggung Jawab Proyek : PT. Hutama Karya
Rencana Mulai Konstruksi : 2017
Rencana Mulai Operasi : 2024
Status Proyek : Konstruksi

Status Perkembangan Proyek

TAHAP KONSTRUKSI