Kilang Minyak Tuban

Nilai Investasi : Rp 199,3 Triliun
Skema Pendanaan :  Penugasan PT Pertamina dengan kerjasama Swasta
(Investor: Rosneft)
Lokasi : Tuban, Jawa Timur
Penanggung Jawab Proyek : PT Pertamina
Rencana Mulai Konstruksi : 2020
Rencana Mulai Operasi : 2024
Status Proyek : Tahap Transaksi

Deskripsi Proyek

Kilang Minyak Tuban adalah proyek pembangunan kilang minyak baru dengan kapasitas produksi 300 ribu barel per hari yang akan dibangun di Tuban, Jawa Timur. Perencanaan pembangunan Kilang Minyak Tuban akan menggunakan konfigurasi petrokimia (terintegrasi dengan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama).

Signifikansi Proyek

Mengingat kebutuhan bahan bakar dan upaya pencapaian ketahanan energi di dalam negeri, Indonesia membutuhkan pertumbuhan industri kilang minyak di dalam negeri. Dengan dibangunnya Kilang Minyak Tuban, diharapkan dapat meningkatkan penyediaan minyak mentah dan bahan bakar di Indonesia sehingga dapat menurunkan ketergantungan terhadap impor.

Status Kemajuan Proyek

statuskemajuan_kilang_bontang

Rencana Aksi

  • Rapat koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) terkait pemanfaatan lahan untuk Kilang Tuban.
  • Debottlenecking terkait isu ketidaksesuaian RTRW pada lahan kilang dan perpipaan

Status Perkembangan Proyek

TAHAP TRANSAKSI

  • Joint Venture Company,PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia didirikan pada tanggal 28 November 2017.
  • Pertamina akan memohon Legal Opinion dari Pengacara Negara tentang keabsahan proyek Kilang Minyak dalam kategori Kepentingan Umum, untuk menjawab keraguan Pemprov dalam penerbitan Penetapan Lokasi. Penerbitan legal opinion oleh JAMDATUN ditargetkan pada bulan Agustus 2018.

 

(per 4 September 2018)