Kilang Minyak Bontang

 

Nilai Investasi : Rp 197,58 Triliun
Skema Pendanaan : Penugasan PT Pertamina dengan kerjasama Swasta
Lokasi : Bontang, Kalimantan Timur
Penanggung Jawab Proyek : PT Pertamina
Rencana Mulai Konstruksi : 2019
Rencana Mulai Operasi : 2023
Status Proyek : Tahap Transaksi

Deskripsi Proyek

Kilang minyak Bontang adalah proyek pembangunan kilang minyak baru (Grass Root Refinery) dengan kapasitas produksi bahan bakar minimal 300 ribu barel per hari yang akan dibangun di Bontang, Kalimantan Timur. Perencanaan pembangunan Kilang Minyak Bontang akan menggunakan konfigurasi yang mempertimbangkan sistem lain seperti sistem petrokimia. Selanjutnya, hasil produksi kilang minyak tersebut akan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri.

Signifikansi Proyek

Mengingat kebutuhan bahan bakar dan upaya pencapaian ketahanan energi di dalam negeri, maka Indonesia membutuhkan pertumbuhan industri kilang minyak. Kombinasi Grass Root Refinery (GRR) dan Refinery Development Master Plan (RDMP) dibutuhkan untuk meningkatkan penyediaan minyak mentah dan bahan bakar di Indonesia sehingga dapat menurunkan ketergantungan pada impor.

Status Kemajuan Proyek

statuskemajuan_kilang_bontang

Rencana Aksi

  • Dukungan dalam perencanaan pendanaan proyek (project exposé)
  • Permohonan pemanfaatan BMN ke BLU-LMAN
  • Finalisasi kajian harga keekonomian

Status Perkembangan Proyek

TAHAP TRANSAKSI

  • Telah dilakukan project exposépada 28 Februari 2017. Terdapat 16 peserta yang meminta Request for Informationdengan 13 potensi partner strategis.
  • Pertamina telah memilih konsorsium Overseas Oil and Gas (Oman) dan Cosmo Energy Group (Jepang) sebagai mitra strategis pada Januari 2018.

(Per Mei 2018)

KPPIP