• Tentang KPPIP
  • Hubungi Kami
  • Beranda
  • Proyek Prioritas
    • Jalan dan Jembatan
      • Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
      • Jalan Tol Serang – Panimbang
      • Jalan Tol Manado – Bitung
      • Jalan Tol Trans Sumatera
      • Jalan Tol Yogyakarta – Bawen (71km)
      • Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi (170,36km)
    • Kereta Api
      • Kereta Api Ekspres SHIA
      • Kereta Api Makassar – Parepare
      • Kereta Api Kalimantan Timur
      • Penyelenggaraan Perkeretaapian Umum di wilayah Provinsi DKI Jakarta
    • Transportasi Perkotaan
      • MRT Jakarta (Jalur Selatan – Utara)
      • LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Circular Line
      • LRT Palembang
    • Air & Sanitasi
      • Pengolahan Air Limbah Jakarta (Jakarta Sewerage System)
      • SPAM Semarang Barat
      • Tanggul Laut
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lampung
    • Minyak & Gas
      • Kilang Minyak Bontang
      • Kilang Minyak Tuban
      • Revitalisasi 5 Kilang Minyak Eksisting (RDMP)
      • Pengembangan Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela
      • Lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru
      • Indonesia Deepwater Development Project / IDD
      • Proyek Tangguh LNG Train 3
    • Ketenagalistrikan
      • PLTU Mulut Tambang
      • Transmisi Sumatera 500 kV
      • Central – West Java Transmission Line 500 kV
      • PLTU Indramayu
      • PLTU Batang / Central Java Power Plant
      • Energi asal sampah 8 Kota Besar
      • Pembangkit Listrik Berbasis Tenaga Gas (18 provinsi)
    • Pelabuhan
      • Pelabuhan Internasional Hub Kuala Tanjung
      • Pelabuhan Internasional Hub Bitung
      • Pembangunan Pelabuhan Patimban
      • Inland Waterways / Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL)
    • Teknologi Informasi
      • Palapa Ring Broadband
  • Proyek Strategis Nasional
    • Jalan dan Jembatan
    • Transportasi
      • Kereta
      • Bandar Udara
      • Pelabuhan
    • Pengembangan Wilayah & Kawasan
      • Kawasan
      • Perumahan
    • Insfrastruktur Sumber Daya Air
      • Bendungan dan Irigasi
      • Air Bersih dan Sanitasi
      • Tanggul Pantai
    • Energi & Teknologi
      • Energi
      • Teknologi
      • Pendidikan
    • Program
      • Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
      • Program Pembangunan Smelter
      • Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
      • Program Pemerataan Ekonomi
  • Publikasi
    • Peraturan Terkait
    • Laporan Semester KPPIP
    • Galeri Foto
    • Galeri Video
  • Berita
    • Sorotan Media
    • Siaran Pers
    • Opini
    • Infografis
  • Pengumuman
    • Rekrutmen
    • Rekrutmen (link eksternal)
    • Pengadaan Barang & Jasa (link eksternal)
    • Pengadaan Panel Konsultan
  • Indonesia
  • Beranda
  • Proyek Prioritas
    • Jalan dan Jembatan
      • Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
      • Jalan Tol Serang – Panimbang
      • Jalan Tol Manado – Bitung
      • Jalan Tol Trans Sumatera
      • Jalan Tol Yogyakarta – Bawen (71km)
      • Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi (170,36km)
    • Kereta Api
      • Kereta Api Ekspres SHIA
      • Kereta Api Makassar – Parepare
      • Kereta Api Kalimantan Timur
      • Penyelenggaraan Perkeretaapian Umum di wilayah Provinsi DKI Jakarta
    • Transportasi Perkotaan
      • MRT Jakarta (Jalur Selatan – Utara)
      • LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Circular Line
      • LRT Palembang
    • Air & Sanitasi
      • Pengolahan Air Limbah Jakarta (Jakarta Sewerage System)
      • SPAM Semarang Barat
      • Tanggul Laut
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur
      • Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lampung
    • Minyak & Gas
      • Kilang Minyak Bontang
      • Kilang Minyak Tuban
      • Revitalisasi 5 Kilang Minyak Eksisting (RDMP)
      • Pengembangan Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela
      • Lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru
      • Indonesia Deepwater Development Project / IDD
      • Proyek Tangguh LNG Train 3
    • Ketenagalistrikan
      • PLTU Mulut Tambang
      • Transmisi Sumatera 500 kV
      • Central – West Java Transmission Line 500 kV
      • PLTU Indramayu
      • PLTU Batang / Central Java Power Plant
      • Energi asal sampah 8 Kota Besar
      • Pembangkit Listrik Berbasis Tenaga Gas (18 provinsi)
    • Pelabuhan
      • Pelabuhan Internasional Hub Kuala Tanjung
      • Pelabuhan Internasional Hub Bitung
      • Pembangunan Pelabuhan Patimban
      • Inland Waterways / Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL)
    • Teknologi Informasi
      • Palapa Ring Broadband
  • Proyek Strategis Nasional
    • Jalan dan Jembatan
    • Transportasi
      • Kereta
      • Bandar Udara
      • Pelabuhan
    • Pengembangan Wilayah & Kawasan
      • Kawasan
      • Perumahan
    • Insfrastruktur Sumber Daya Air
      • Bendungan dan Irigasi
      • Air Bersih dan Sanitasi
      • Tanggul Pantai
    • Energi & Teknologi
      • Energi
      • Teknologi
      • Pendidikan
    • Program
      • Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
      • Program Pembangunan Smelter
      • Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
      • Program Pemerataan Ekonomi
  • Publikasi
    • Peraturan Terkait
    • Laporan Semester KPPIP
    • Galeri Foto
    • Galeri Video
  • Berita
    • Sorotan Media
    • Siaran Pers
    • Opini
    • Infografis
  • Pengumuman
    • Rekrutmen
    • Rekrutmen (link eksternal)
    • Pengadaan Barang & Jasa (link eksternal)
    • Pengadaan Panel Konsultan
  • Indonesia
KPPIP Apresiasi Langkah LMAN Untuk Percepatan Pembiayaan Dana Talangan

KPPIP Apresiasi Langkah LMAN Untuk Percepatan Pembiayaan Dana Talangan

  • On 07/09/2017

(KPPIP-6/9) Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) berharap Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terus melakukan percepatan dalam pembiayaan dana talangan pembangunan infrastruktur di Proyek Strategis Nasional (PSN).

Demi percepatan, penyempurnaan peraturan dan kebijakan untuk dana talangan memang terus dilakukan. Seperti melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), LMAN, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Ditjen Bina Marga – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Ditjen Pengadaan Tanah – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk percepatan pembiayaan dana talangan jalan tol tahun 2016. LMAN pun sedang menyiapkan peraturan konkret untuk melakukan pembiayaan dana talangan berdasarkan satu bukti, Sertifikasi Tanah Negara.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengapresiasi langkah tersebut. Dia yakin dengan perbaikan dan penyempurnaan akan terjadi percepatan pembiayaan dana talangan. Dan tentunya kemandirian LMAN sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap pembiayaan dana tidak perlu diragukan.

Diakuinya, jika diibaratkan manusia, LMAN terbilang masih ‘bayi’. Sebab usianya masih kurang dari satu tahun sejak 29 Maret 2016 ketika lembaga tersebut ditetapkan sebagai satu-satunya unit yang bertanggung jawab membiayai pembiayaan lahan PSN. Meski untuk jalan pun masih tertatih, Wahyu mengatakan LMAN dipaksa untuk harus berjalan cepat. Kendati demikian, dampak kehadiran LMAN dalam mendorong percepatan proyek di PSN sudah mulai terasa.

“Tahapan pembebasan lahan tidak lagi menjadi masalah utama seperti di proyek jalan tol yang masuk PSN,” kata Deputi VI Kemenko Bidang Perekonomian itu, saat berbicara di Workshop bertema ‘Sinergitas Percepatan Pendanaan Pengadaan Tanah bagi Proyek Strategis Nasional’ yang diselenggarakan LMAN di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (6/9).

Wahyu juga mengingatkan, untuk percepatan ini dibutuhkan kerja cerdas sekaligus sikap berhati-hati dengan tidak mengabaikan prudential. Dibutuhkan inovasi yang lebih baik dan sederhana. “KPPIP mendukung pemikiran dan upaya untuk itu,” kata dia.

Di tahun 2016, pembayaran dana talangan sudah mencapai Rp 7,6 triliun dari total permohonan Rp 12,1 triliun. Di tahun 2016, dana sebesar Rp 16 triliun untuk proyek jalan tol.

Direktur LMAN Rahayu Puspasari memaparkan, dari APBN Tahun Anggaran 2017 (sebelum APBN-Perubahan) besaran anggaran untuk dana talangan lahan PSN sebesar Rp 20 triliun. Tidak seperti di Tahun Anggaran sebelumnya, dana talangan LMAN kali ini tidak semuanya dilokasikan ke jalan tol. Puspita merinci, sebesar Rp 13,286 triliun untuk 22 proyek infrastruktur jalan tol, sebesar Rp 500 miliar untuk satu proyek infrastruktur pelabuhan dan Rp 3,836 triliun untuk tiga infrastruktur perkeretaapian.

“Rp2,378 triliun untuk 27 infrastruktur bendungan dan satu proyek NCICD (National Capital Integrated Coastal Development),” kata dia, saat menyampaikan paparan di kesempatan yang sama.

Sedangkan untuk APBN-P 2017, usulan pembiayaan dana talangan menjadi sebesar Rp 32,051 triliun. Rinciannya: Sebesar Rp 25,286 triliun untuk proyek jalan tol, Rp 500 miliar untuk proyek pelabuhan, Rp 3,887 triliun untuk proyek rel kereta, dan Rp 2,378 triliun untuk proyek bendungan.

Mengenai MoU antar lembaga terkait percepatan pendanaan bagi PSN, Puspita menuturkan LMAN sebagai pihak pertama sebagai pelaksana fungsi KPA (Kuasa Pengguna Anggaran). BPKP sebagai pihak kedua, bertugas melaksanakan verifikasi dan pengawasan pelaksanaan pengadaan tanah. Bina Marga sebagai pihak ketiga, bertugas menyediakan dokumen yang dibutuhkan oleh BPKP, juga berkoordinasi dengan para pihak untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Serta melaksanakan usulan sertifikasi tanah.

BPN sebagai pihak keempat, bertugas menyediakan dokumen yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan verifikasi. Sedangkan pihak kelima, yakni BPJT, menjadi badan yang berwenang untuk melaksanakan sebagian penyelenggaraan jalan tol. Meliputi pengaturan, pengusahaan dan pengawasan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). (TimKom KPPIP)

Berita Terbaru
  • Berita

MAIN EVENT SEWINDU PROYEK STRATEGIS NASIONAL

04/08/2023
Sejak awal diundangkannya Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2016 sampai dengan Juni 2023, telah selesai sebanyak 158 PSN dengan...
Read More
Funwalk Sewindu Proyek Strategis Nasional
  • Berita

Funwalk Sewindu Proyek Strategis Nasional

12/05/2023
Jakarta, 11 Mei: Mengusung tema “Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) Menuju Indonesia Emas 2045”, gelar acara pertama ‘Social Space’ Sewindu...
Read More
Menko Airlangga : Kehadiran PSN bagi Kesejahteraan Rakyat
  • Berita

Menko Airlangga : Kehadiran PSN bagi Kesejahteraan Rakyat

12/05/2023
Jakarta, 8 Mei: Hampir satu decade Pemerintah Indonesia melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan harapan...
Read More
GROUNDBREAKING PLTA MENTARANG INDUK OLEH PRESIDEN, WUJUD KOMITMEN PEMERINTAH UNTUK MENGHADIRKAN ENERGI HIJAU
  • Berita

GROUNDBREAKING PLTA MENTARANG INDUK OLEH PRESIDEN, WUJUD KOMITMEN PEMERINTAH UNTUK MENGHADIRKAN ENERGI HIJAU

08/03/2023
Pada Hari Rabu, tanggal 1 maret 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Pembangkit...
Read More
MRT NORTH – SOUTH SALAH SATU PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS PEMERINTAH
  • Berita

MRT NORTH – SOUTH SALAH SATU PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS PEMERINTAH

08/03/2023
MRT North South merupakan salah satu dari 27 PSN di wilayah DKI Jakarta, dan termasuk 1 dari 9 PSN senilai...
Read More

Alternatif Pembiayaan Pendongkrak Infrastruktur

Previous thumb

Arahan Presiden: Jalan Tol Jangan Mematikan Perekonomian Masyarakat Kecil

Next thumb
Scroll
Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas
Gedung Pos Ibukota, Blok A, lt. 6
Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1
Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710

T. +62 21 345 3171 , +62 21 345 3164 F. +62 21 345 3155
E. sekretariat@kppip.go.id
Media Sosial
    Tentang KPPIP
    • Tentang KPPIP
    • Visi & Misi
    • Susunan dan Struktur Organisasi KPPIP
    • Perkembangan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia
    • Pencapaian KPPIP
    • Hubungi Kami
    • Indonesia