National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Fase A

Nilai Investasi : Rp 600 Triliun (Keseluruhan fase); Nilai investasi Fase A sebesar Rp 26 triliun
Skema Pendanaan : APBN dan APBD untuk Fase A, potensi KPBU untuk fase lainnya
Lokasi : DKI Jakarta
Penanggung Jawab Proyek : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan KemenPUPR
Rencana Mulai Konstruksi : 2016
Rencana Mulai Operasi : 2018

DESKRIPSI PROYEK

National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) mencakup pembangunan sebuah tanggul raksasa di bagian utara dari Teluk Jakarta sebagai cara untuk melindungi ibukota dari banjir. Di dalam tanggul ini akan dibuat laguna-laguna besar untuk menampung aliran dari 13 sungai di Jakarta (tempat-tempat penampungan air yang menjadi waduk raksasa).

Tiga fase dari mega proyek ini adalah:

Fase A: Fase A difokuskan untuk meningkatkan perlindungan pantai yang ada saat ini. Penguatan dan pengembangan tanggul-tanggul pantai yang sudah ada sepanjang 30 kilometer, dan membangun 17 pulau buatan di Teluk Jakarta, kegiatan pencanangan dari fase pertama ini dilaksanakan pada awal September 2014. Pelaksanaan konstruksi direncanakan untuk dilaksanakan di awal tahun 2016.

Fase B: Fase B difokuskan pada upaya membangun tanggul laut luar barat dan waduk besar yang diperkirakan akan dibangun dalam kurun waktu 2018 sampai dengan 2022.

Fase C: Fase C difokuskan untuk membangun tanggul luar timur yang akan dibangun setelah tahun 2032. Beberapa pengembangan jangka panjang di sisi timur teluk Jakarta dilakukan dengan menutup bagian dari teluk untuk mengantisipasi jika penurunan muka tanah di Jakarta bagian timur tidak dapat dihentikan. Dalam pelaksanaannya, akan disediakan bagian tanggul timur dengan jalan tol akses Tangerang – Bekasi untuk mengurangi dampak atas penutupan ini.

SIGNIFIKANSI PROYEK

Lebih dari separuh penduduk Jakarta tinggal di area pesisir dan aktivitas perekonomian utama perkotaan juga banyak berkembang di kawasan pesisir. Di kawasan ini terdapat aliran 13 sungai besar yang bermuara di Teluk Jakarta dan 40% wilayahnya merupakan dataran rendah yang berada di bawah muka air laut pasang. Banjir di kawasan pesisir Jakarta diperburuk dengan menurunnya muka tanah akibat ekstrasi pemanfaatan air tanah dalam yang berlebihan.

Dengan adanya ancaman yang ada saat ini, maka diperlukan sebuah mega proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), yang akan dilakukan dalam 3 tahap dimana tahap pertama akan dilakukan dengan meninggikan tanggul-tanggul eksisting.